Ada dua set otot yang mengontrol register vokal Anda. Otot-otot ini disebut tiroaritenoid (TA) dan krikotiroid (CT). Untuk menyanyikan gaya musik kontemporer (populer), kekuatan otot-otot ini perlu diseimbangkan dan dikoordinasikan. Ketika satu set lebih kuat dari yang lain, masalah vokal seperti ini terjadi:
- Jangkauan vokal terbatas.
- Masalah nada yang membuat frustrasi.
- Kurangnya kendali atas “jilatan” atau hiasan vokal.
- Pilihan warna nada vokal terbatas.
- Kurangnya kemampuan memadukan suara.
- Register vokal terputus.
- Ketegangan vokal.
Otot CT “bekerja” pada suara kepala, atau register vokal bagian atas, memanjangkan pita suara dengan memiringkan tulang rawan tiroid. Otot-otot TA “bekerja” pada suara dada, atau register vokal yang lebih rendah, memperpendek dan menebalkan pita suara, yang merupakan intinya.
Orang yang mengalami ketegangan pada suara dada membutuhkan suara kepala yang lebih kuat (dikendalikan oleh otot CT), Orang yang kesulitan mencapai nada rendah (umumnya terjadi pada penyanyi terlatih klasik yang mencoba menghasilkan suara kontemporer) perlu memperkuat otot TA. Bagi seorang penyanyi, yang lebih penting daripada mengetahui nama-nama otot-otot ini adalah belajar mengidentifikasi sensasi… bagaimana suara seharusnya terasa dan bekerja… ketika otot-otot ini seimbang.
Ketika terjadi ketidakseimbangan, latihan vokal dapat memperkuat kelompok yang lemah untuk menyamai kelompok yang kuat. Bagaimana? Cara Anda memperkuat otot apa pun adalah dengan menggunakannya — dan gunakan dengan benar. Berikut beberapa tipnya:
* Jika Anda cenderung mengejan pada suara dada bagian atas (juga dikenal sebagai suara mendorong dada):
Berlatihlah bernyanyi dengan suara kepala Anda. Lakukan latihan yang membuat Anda jauh lebih tinggi dari biasanya saat menyanyikan lagu, namun pastikan Anda tidak bersandar atau mendorong untuk melakukannya. Naiklah setinggi yang Anda mampu tanpa ketegangan. Terus lakukan ini secara teratur dan Anda akan memperkuat otot-otot yang mengontrol nada atas Anda. Suara kepala Anda akan mulai memengaruhi suara dada Anda dan Anda akan dapat menyanyikan nada-nada yang sebelumnya sulit atau hampir tidak mungkin Anda capai tanpa berusaha keras.
* Jika Anda telah terlatih secara klasik dan merasa sulit untuk tidak merendahkan suara kepala saat membawakan lagu kontemporer (non-klasik) atau teater musikal:
Berlatihlah bernyanyi dengan suara dada Anda. Rasakan getaran di mulut dan dada Anda; hindari suara “hootie”, “tertutup” atau hampa. Atur suara dada Anda dengan cara yang sama seperti suara kepala Anda… regangkan tubuh tinggi-tinggi dan jangan membungkuk ke depan atau membungkuk. Nyanyikan lagu dan lakukan latihan yang membuat Anda menjadi suara tengah, namun tetap mempertahankan suara “berbicara”; jangan “pergi” ke suara kepala. Penting… saat menggunakan suara ini, JANGAN TEKAN. Faktanya, akan sangat membantu jika membayangkan sebuah pesawat kaca di depan mulut Anda ketika Anda bernyanyi… cobalah untuk tidak meninggalkan bekas nafas di atasnya. Pastikan Anda berada dalam suara dada. Jika Anda tidak yakin di register mana Anda bernyanyi, carilah guru suara yang baik yang dapat membantu Anda belajar mengidentifikasi sensasi yang sesuai dengan suara kepala atau dada.
Ketika Anda mencapai kekuatan yang seimbang pada otot TA dan CT, Anda tampaknya memiliki SATU register vokal yang terintegrasi, karena suara dada dan kepala Anda dapat dengan mudah menyatu menjadi apa yang biasa disebut “suara campuran”. Suara yang paling berprestasi dan ahli juga merupakan yang paling tercampur.
Untuk latihan penyeimbangan otot vokal yang sangat efektif yang disebut “langkah pencampuran” serta instruksi vokal yang lebih hebat, carilah paket 6-CD di situs web di bawah ini: